Jumat, 21 Januari 2011

Fakta atau Mitos?

"Makan malam sebelum tidur membuat kita gemuk."

Fakta!

Sebenarnya, waktu tidak ada pengaruh. Jam berapapun kita makan dan langsung tidur, baik siang atau malam, akan membuat kalori menumpuk karena tidak digunakan oleh tubuh.

Sebagian besar ahli setuju bahwa berat badan akan bertambah saat kita mengkonsumsi jumlah kalori yang lebih banyak daripada jumlah kalori yang kita bakar.

Walaupun kelihatan ada logikanya, bahwa makan pada siang hari akan lebih cepat dicerna dan lebih efisien daripada makanan yang kita konsumsi tepat sebelum tidur.

Jarak antara waktu makan terakhir dan tidur juga harus diperhatikan agar metabolisme tubuh bisa mengolah makanan secara baik.

Yang dijadikan patokan adalah bukan aturan makan sebelum jam tujuh malam. Minimal, makanlah 2-3 jam sebelum tidur malam, sebab ketika tidur metabolisme tubuh langsung melambat 50% dibanding saat terjaga.


"Mandi malam dapat menyebabkan rematik."

Mitos!

Fakta yang sebenarnya terjadi, mandi pada malam hari akan memicu rasa nyeri pada sendi yang telah terserang rematik, karena kapsul rematik akan mengkerut setiap tersiram air dingin. Bila penderita rematik menggunakan air hangat, rasa sakit itu justru akan berkurang.

Sebaliknya, rematik disebabkan oleh konsumsi makanan-makanan seperti jeroan, seafood dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang diubah menjadi asam urat.

"Kejatuhan cicak berarti akan tertimpa sial."

Mitos!

Faktanya,  Sial di sini maksudnya dari tertimpa cicak itu sendiri. Siapa yang tidak sial jika sedang asik duduk atau jalan santai tiba – tiba tertimpa cicak? Banyak yang sudah mengalami ini tetapi tidak pernah mengalami apa-apa atau sial, tapi ada juga yang mengalami dan terkena sial. Itu semua tergantung sugesti dalam diri kita sendiri.


Banyak mitos yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, semua itu bermula dari jaman dahulu. Para nenek moyang kita melarang ini-itu, karena nanti bisa ini-itu, semua itu berawal dari sebuah kepantasan/kepatutan. "Hei, jangan bersiul malam-malam, nanti bisa mengundang setan." atau "Hei, jangan duduk di tengah pintu, nanti jauh dari jodoh." Faktanya, larangan-larangan itu semua hanya karena semua itu memang tidak pantas/patut dilakukan. Ora elok. Pamali kata orang.

Yah, terlepas dari semua itu, kita kembalikan pada diri masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar