Senin, 28 November 2011

DANBO


Temen-temen mungkin sudah sering lihat sosok boneka berbentuk kotak kecil bewarna cokelat dengan macam-macam ekspresi bak manusia? Lucu banget yahh.. Hmm.. sebenarnya saya udah sering lihat temen saya pake si imut ini sebagai avatar di Twitter, tapi jujur, saya baru tahu kalo boneka imut-imut itu namanya Danbo! Hahaha... payah ya saya? -____-


DANBO, nama boneka itu. Danbo adalah singkatan dari Danboard, boneka yang dibuat dari kertas karton board. Danbo merupakan kreasi Azuma Kiyohiko, seorang komikus serial manga Yotsuba. Bentuknya sangat unik, yaitu action figure dengan penampilan seperti manusia berukuran mini. Bentuk Danbo amat sederhana, serba kotak mulai dari kepala, lengan, pinggang, hingga kaki, dengan kedua mata kecil serta bibir segitiga. Boneka ini identik dengan warna cokelat, sehingga banyak yang beranggapan si Danbo mungil ini terbuat dari kayu. Tapi sebenernya terbuat dari kardus loh...:P

 Boneka mini ini dapat digerakkan secara manual dan dibentuk dengan berbagai macam gaya unik. Perusahaan pembuatnya menggunakan teknologi tinggi di setiap persendian Danbo sehingga membuatnya mampu bergerak luwes. Ekspresinya menjadi daya tarik utama. Di Jepang, boneka kardus imut dijual seharga mulai dari 5000 yen atau sekitar Rp 500.000 per unitnya. Dalam serial manganya, Danbo dapat bergerak ketika ada koin yang dimasukan kedalam mulutnya. Namun, Danbo yang dibuat saat ini tidak seperti di manga tersebut.

O iya, kita bisa buat sendiri lho si Danbo imut ini, mudah ‘n gak mahal lagi! Begini caranya:

1. Download pola Danbo ini.
















ato download full size nya di http://gizzlobber.deviantart.com/

2. Siapkan kertas yang agak tebel, misalnya karton manila ato yang biasa buat covernya jilid. Jangan terlalu tipis, karena susah kalo dirangkai.
3. Siapkan gunting dan cutter.
4. Print pola Danbo pada kertas karton tersebut.
5. Gunting sesuai pola, sobek garis-garis putih dengan menggunakan cutter.
6. Kemudian rangkailah sesuai petunjuk.

Gak sulit kan? Hehehe.. Tapi Danbo buatan sendiri ini memang gak bisa digerak-gerakin persendiannya seperti buatan pabrik.

Selamat mencoba. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar